Scroll to Top
Rame-Rame Belajar Tanam Sayur
Posted by maxfm on 6th Maret 2014
| 1911 views

Waktu itu di Kelompok JOS anggota kelompok menanam kol bunga, kol, semangka, pitsai dan pak coy, semuanya tumbuh dengan baik dan panen memuaskan.

Saat kelompk berjalan saya dan Rahmat sepertinya tidak melihat ada keinginan masyarakat sekitar untuk belajar, kami kira warga sekitar kelompk JOS di Kalu tidak hawel dengan pelatihan ini, sehingga waktu memasuki tiga bulan berikutnya kami pindah membimbing ke  Londa Lima.

Tetapi tanpa kami sangka, masuk di pertengahan Februari 2014, perkiraan kami meleset, yang kami kira tidak ada yang perhatian dengan suksesnya di kelompk JOS, ternyata kegiatan kelompok JOS di tahun lalu jadi pembicaraan  di Kalu yang membuat beberpa ibu dan bapak serta anak muda di sekitar Woka berkelompok dan bernafsu ingin belajar tanam sayur. Kemudidan mereka bertemu dengan  Pak Rahmat dan menyampaikan kalau ingin belajar tanam sayur. Dan tidak perlu lama, saya dan pak Rahmat diskusi sebentar dan kami putuskan jadi kelompok baru di sana  yang ditandai dengan lahan belajar tanam mulai di traktor.

Kembali ke anak-anak muda yang sedang belajar tanam sayur, ada nona yang terlihat serius ingin belajar tanam sayur di sekitar bedeng masing-masing.

•    Siti, kelas 6 SD Kalu, kata Siti tidak ada yang paksa dia untuk ambil bedeng dan tanam sayur, dikebun ini Siti mendapat bagian setengah bedeng yang ditanami sayur putih, kata Siti nanti dia mau jual sayurnya dengan harga biasa.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons