Scroll to Top
Pemilihan Benih Jagung adalah Kunci
Posted by maxfm on 18th Desember 2021
| 854 views




“Untuk pestisida ada jenis pestisida yang hanya membunuh rumput sedangkan jagung tidak, sehingga kami menggunakannya selama ini,” jelas Ketut.

Kebun Jagung salah satu warga di NTB [Foto: Istimewa]

Ketut mengaku dirinya sudah beberapa kali ke Sumba Timur dan menurutnya kontur tanah di Sumba Timur sama dengan kontur tanah yang ada di NTB, bahkan menurutnya curah hujan di Sumba Timur lebih banyak dibandingkan di wilayahnya. Karena itu petani jagung di Sumba Timur dapat menanam lebih dari satu kali setiap tahun.

“Kami di NTB bahkan di lereng bukit juga kami tanami jagung dan hasilnya langsung diambil pembeli dari kebun kami,” jelasnya.




Menurut Ketut kesempatan pertanian jagung harus bisa dimanfaatkan oleh petani di Sumba Timur dan NTT umumnya karena sampai dengan saat ini Indonesia secara nasional masih selalu mengimpor jagung setiap tahunnya dari negara lain. Padahal masih banyak lahan pertanian yang belum dimanfaatkan petani di NTT untuk menanam.

“Kalau petani di NTT mau ikut menanam jahung sebanyak-banyaknya akan sangat berdampak terhadap ekonomi masyarakat NTT dan bisa mengurangi jumlah jagung yang diimpor dari luar negeri setiap tahun,” harapnya.(TIM)




Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons