Scroll to Top
Bupati Sumba Timur Buka TMMD ke-112 di Rambangaru
Posted by maxfm on 16th September 2021
| 427 views
Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing, M.Si., menandatangani berita acara penyerahan kegiatan TMMD. (FOTO: ONI)

MaxFM, Waingapu – Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing, M.Si. membuka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 yang berlangsung di Desa Rambangaru, Kecamatan Haharu, Rabu (15/09/2021). Khris berharap masyarakat ikut mendukung kegiatan TMMD agar selesai tepat waktu.



Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing, M.Si. dalam sambutannya mengapresiasi TNI yang terus ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Sumba Timur, termasuk melalui kegiatan TMMD ke-112 tahun 2021 yang mengangkat tema, TMMD wujud sinergi membangun negeri.

Kegiatan TMMD ke-112 di Desa Rambangaru ini melakukan pembangunan fisik pada sejumlah bagian yakni pembangunan kantor Desa Rambangaru, rehab Gereja Kristen Sumba (GKS) Rambangaru, pembukaan jalan dan juga pembangunan saluran irigasi, serta sejumlah kegiatan non fisik lainnya, termasuk pelayanan vaksin bagi warga masyarakat Desa Rambangaru. TMMD ini sendiri akan berlangsung hingga 14 Oktober 2021 mendatang.

Khris menegaskan, TMMD sebagai salah satu operasi bhakti TNI yang menggunakan kriteria sasarannya berupa daerah miskin, tertinggal, terisolir, daerah terkena dampak bencana alam.



Menurutnya TMMD merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara lintas sektoral dan terpadu bersama kementerian lembaga, pemerintah daerah serta komponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah sekaligus perwujudan komitmen moral.

“TNI dan pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat,” tegasnya.

Ditambahkannya TMMD sudah secara rutin dilaksanakan sehingga sudah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena sejalan dengan program pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program-program pemerintah.




“Diperlukan semangat kebersamaan yang kuat dan maju, didukung dengan kesungguhan, ketekunan, keuletan dan kesabaran dari seluruh pelaku pembangunan, termasuk TMMD ini,” tegasnya.

Diharapkannya masyarakat Desa Rambangaru dan sekitarnya ikut memberikan sumbangsihnya selama 30 hari pelaksanaan TMMD kali ini, sehingga apa yang dilakukan dalam semangat TMMD dapat diterima dan dilanjutkan dalam karya pembangunan lainnya ke depan.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1601/Sumba Timur, Letkol Czi Dr Dwi Joko Siswanto, secara terpisah menegaskan TMMD kali ini di Sumba Timur mengambil wilayah Desa Rambangaru sebagai lokasi pelaksanaannya, karena Desa Rambangaru memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, terutama di bidang pertanian dalam pembukaan lahan persawahan.

Namun kondisi di lapangan terdapat saluran irigasi yang jebol dan belum dapat diperbaiki sehingga lahan potensial pengembangan lahan persawahan di wilayah tersebut belum dapat dikerjakan saat ini. Karenanya selain membangun kantor desa, rehab gedung kebaktian GKS Rambangaru, TMMD kali ini juga membangun saluran irigasi untuk menciptakan lahan sawah baru di wilayah tersebut.



“Termasuk ada pembukaan jalan baru yang kita maksudkan jadi perintis untuk nantinya dilanjutkan oleh pemerintah ke depan,” ungkapnya.

Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq secara terpisah mengapresiasi kemampuan Kodim 1601/Sumba Timur dalam mengkomunikasikan kondisi dan kebutuhan Sumba Timur sehingga bisa kembali mendapatkan program TMMD di Sumba Timur tahun ini.




Menurutnya untuk melakukan percepatan pembangunan di Sumba Timur, memang dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak termasuk dengan TNI/Polri. Apalagi masih ada Pandemi Covid-19 saat ini, sehingga kegiatan TMMD ini sangat baik bagi pemerintah dan masyarakat Sumba Timur, khususnya Rambangaru.

“Ini (TMMD) adalah sesuatu yang positif karena akan mampu mendorong pembangunan di Sumba Timur lebih cepat,” tegasnya.

Pembukaan Kegiatan TMMD ke-112 tahun 2021 ini juga dihadiri oleh Kapolres Sumba Timur, AKBP Handrio Wicaksono, Ketua Persit Kartika Kodim 1601/Sumba Timur, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumba Timur, Frengki Ranggambani, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Tamu Ama, dan warga masyarakat setempat berjalan dengan baik.



Dalam upacara pembukaan ini juga dilakukan penandatanganan berita acara pelaksanaan TMMD oleh Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing, M.Si dan Dandim 1601/Sumba Timur, Letkol Czi Dr Dwi Joko Siswanto selaku komandan TMMD ke-112 di Sumba Timur. Dilanjutkan dengan penyerahan berita acara, penyerahan alat kerja oleh Bupati Sumba Timur kepada perwakilan pekerja, penyerahan paket bantuan kepada perwakilan masyarakat dan peninjauan lokasi kegiatan khususnya pembangunan kantor desa dan GKS Rambangaru.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons