Scroll to Top
Pendidikan Terbaik, Seperti Apa Sebenarnya?
Posted by maxfm on 2nd Mei 2021
| 1373 views




Bukan hanya dalam menyiapkan materi ajar kemudian sekolah ini membuka paradigma penulis. Pun, dalam pengelolaan kelas sekolah ini mengajarkan pada penulis bahwa aura demokratis perlu dan harus dimunculkan dalam kelas. Alih-alih memberikan anak sekelompok aturan Panjang yang ditetapkan oleh pihak sekolah dan kemudian diterapkan oleh siswa, setiap guru kelas wajib melakukan kegiatan diskusi untuk menentukan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan oleh warga kelas dan bagaimana cara menjalankannya. Prosesnya Panjang, namun hal ini terbukti bahwa selama penulis mengajar di sana mulai tahun 2002-2008, perselisihan antar siswa dan juga kecelakaan di kelas sangat minim terjadi.



Mimpi

Saat penulis mendapatkan kesempatan untuk bekerja di sector pendidikan di daerah di tahun 2018 silam, penulis bermimpi bahwa setiap anak di daerah tempat penulis bekerja bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dengan menggunakan pendekatan-pendekatan yang ber-khusnuzon pada anak. Bahwa anak punya kelebihan masing-masing, dan bahwasanya stiap potensi anak diberikan ruang untuk berkembang.




Penulis punya mimpi bahwa saat belajar, anak-anak di daerah juga punya kesempatan untuk bisa mengembangkan pengetahuannya sendiri dengan teknik fasilitasi yang baik dari guru sehingga apapun yang anak pelajari akan bisa menjadi bagian dari Episodic Memory anak. Memori yang akan bertahan dalam waktu sangat lama, dan pengetahuan apapun yang tersimpan akan dengan sangat mudah diingat kembali apabila dibutuhkan.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons