Scroll to Top
UGD RSUD URM Waingapu Kembali Beroperasi
Posted by maxfm on 28th Desember 2020
| 2079 views
Direktur RSUD Umbu Rara Meha, Dokter Lely Harakai [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFm, Waingapu – Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rata Meha (RSUD URM) Waingapu kembali beroperasi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (26/12/2020). UGD RSUD URM Waingapu sempat ditutup pelayanannya sejak Kamis (17/12/2020) lalu, karena beberapa tenaga kesehatan (Nakes) nya terpapar Covid-19.

Pembukaan kembali pelayanan di UGD RSUD URM Waingapu ini juga menerapkan prosedur penetapan (protap) baru pelayanan kepada setiap pasien yang membutuhkan pelayanan, dengan harus melalui pemeriksaan rapid antibody terlebih dahulu, dan jika reaktif dilanjutkan dengan rapid antigen, hingga pemeriksaan swab dengan metode Tes Cepat Molekuler (TCM), guna memastikan Nakes yang menerima dan melayani pasien di UGD tidak lagi terpapar Covid-19.

Direktur RSUD URM Waingapu, dr. Lely Harakai, M. Kes. menyampaikan hal ini melalui sambungan telepon dengan Radio MaxFm Waingapu, Sabtu (26/12/2020). Dijelaskannya pembukaan kembali pelayanan di UGD RSUD URM Waingapu dilakukan, setelah memastikan semua Nakes dan keluarga Nakes aman dari paparan Covid-19.

“Kita sudah buka kembali pelayanan di UGD dengan protap baru,” jelasnya.



Dimana saat ada pasien yang datang ke UGD RSUD URM Waingapu, akan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan rapid tes antibodi dan jika hasilnya non reaktif akan langsung diberikan pelayanan di UGD. Namun jika hasilnya reaktif, akan dilanjutkan pemeriksaan rapid tes antigen hingga pemeriksaan swab untuk pemeriksaan melalui metode TCM.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons