Scroll to Top
Masuk Transmisi Lokal, Warga Dihimbau Tidak Ciptakan Kerumunan
Posted by maxfm on 13th Desember 2020
| 1133 views
Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Jonker Telnoni, S.Km [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Penyebaran virus corona baru penyebab Covid-19 makin meningkat di Kabupaten Sumba Timur. Peningkatan ini ditunjukkan dengan adanya tiga kasus transmisi lokal di Kecamatan Kota Waingapu, Sabtu (12/12/2020). Masyarakat diminta untuk tidak hanya melaksanakan protokol kesehatan secara tertib dan ketat, tetapi juga tidak menciptakan kerumunan.

Himbauan ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Jonker Telnoni, S.K.M., saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (12/12/2020) petang. Dijelaskannya, pelaksanaan protokol kesehatan dengan penerapan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker), harus juga diikuti dengan tidak lagi menciptakan kerumunan.

Ditegaskannya, dengan adanya tiga kasus transmisi lokal di Kota Waingapu menunjukkan bahwa penyebaran Covid-19 tidak lagi datang dari luar, melainkan sudah menyebar diantara warga masyarakat Kabupaten Sumba Timur sendiri. Karenanya pelaksanaan protokol kesehatan saja tidak lagi cukup untuk bisa memutus mata rantai penyebarannya.

“Pelaksanaan protokol kesehatan itu oke sudah. Tetapi jangan ciptakan kerumunan lagi, seperti pesta-pesta, atau kumpul-kumpul yang tidak perlu,” jelasnya.



Jonker menegaskan, dengan adanya penambahan lima kasus baru, Sabtu (12/12/2020) dan tiga diantaranya adalah transmisi lokal, masyarakat harus semakin patuh terhadap pelaksanaan protokol kesehatan, terutama menghindari kerumunan atau menciptakan kerumunan dengan melalui pesta-pesta. Karena dengan adanya kerumunan, pekerjaan tim surveilance untuk melakukan tracing dan tracking data akan menjadi semakin berat.

“Kami minta bantuan teman-teman media untuk bantu sampaikan, karena ini sudah transmisi lokal dan tracing data kita akan makin luas dan sulit,” pintanya.




Untuk diketahui, berdasarkan hasil pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM) yang dilakukan di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rata Meha (RSUD URM) Waingapu, Sabtu (12/12/2020) pagi hingga siang hari mendapatkan lima kasus positif Covid-19 baru di Kabupaten Sumba Timur, dengan rincian dua kasus dari pelaku perjalanan dan tiga lainnya merupakan transmisi lokal.

Dimana lima kasus ini semuanya berada di wilayah Kecamatan Kota Waingapu, yakni empat kasus di Kelurahan Kambajawa dan satu lainnya di Kelurahan Matawai.

Informasi lain yang dihimpun media ini Minggu (13/12/2020) menyebutkan bahwa kondisi kesehatan kasus 35 yang adalah Wakil Bupati (Wabup) Sumba Timur saat ini, kondisinya sudah semakin membaik jika dibandingkan dengan kondisinya saat masuk, Sabtu (12/12/2020) dini hari.

“Batuknya sudah berkurang, dan demamnya juga sudah tidak ada lagi,” jelas sumber MaxFm melalui pesan WhatsApp nya.



Sumber MaxFm juga mengharapkan Doa dari masyarakat Sumba Timur agar kondisi kesehatan Wabup ULP dan lima pasien lainnya yang masih dirawat di ruang isolasi RSUD URM Waingapu bisa semakin membaik dan bisa sembuh dalam waktu dekat. “Kami berharap Kita semua berdoa untuk kesembuhan pak Wabup dan lima pasien lainnya bisa segera pulih,” harapnya.(TIM)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons