Scroll to Top
TKM Malumbi Berikan Pelatihan Kepada Pemuda Malumbi
Posted by Heinrich Dengi on 20th November 2020
| 165 views
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena. (FOTO: ONI)

MaxFM, Waingapu – Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Malumbi yang mendapatkan bantuan peralatan las, tambal ban, dan peralatan perbaikan freon air condition (AC) dari Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, memberikan pelatihan kepada 10 pemuda setempat. TKM Malumbi juga menyediakan tempat kerja bagi para pemuda untuk memanfaatkan peralatan yang ada.

BPJS KesehatanNov 2020

Ketua TKM Malumbi, Elfis Umbu K. menjelaskan hal ini saat ditemui di Malumbi, Kamis (19/11/2020) petang. Dijelaskannya pemberian pelatihan dan pendampingan kepada para pemuda ini dilaksanakan untuk memastikan bantuan yang diterima bermanfaat bagi peningkatan keterampilan dan perputaran ekonomi keluarga.

Elfis menjelaskan pelatihan yang diberikan kepada 10 pemuda Kelurahan Malumbi ini adalah pelatihan sesuai dengan peralatan yang diperoleh dari program kerja sama Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena dan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, yakni peralatan las, bengkel khusus untuk tambal ban, dan juga perbaikan freon AC.



“Ada empat orang yang kita latih untuk las, tiga orang latihan tambal ban dan tiga orang lagi untuk perbaiki freon AC,” jelasnya.

Elfis menambahkan untuk memastikan bantuan peralatan yang diterima TKM dimanfaatkan secara baik sehingga bermanfaat bagi para pemuda, keluarga dan masyarakat sekitar, peralatan yang ada nantinya tidak diberikan kepada para pemuda untuk memanfaatkannya di rumah atau tempat usaha yang didirikan secara mandiri. Namun pihaknyalah yang menyediakan tempat.

“Tempatnya kita sediakan dengan daya listrik 2200 KW. Karena rata-rata masyarakat disini daya listriknya 450 KW, jadi kalau alat lasnya dibawa ke rumah, pasti harus tambah daya lagi untuk bisa digunakan,” jelasnya.



Salah satu peserta pelatihan Gerson Pura Tanya (28) mengikuti pelatihan las menjelaskan dirinya senang bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan las di TKM Malumbi, karena keterampilannya bisa ditingkatkan dan nantinya dapat digunakan untuk bekerja menerima permintaan las di tempat yang sudah disediakan TKM Malumbi.

“Saya dan teman-teman senang bisa ikut pelatihan ini. Karena peralatan dan tempat kerja juga sudah disediakan, sehingga kami pasti bisa mengaplikasikan keterampilan kami,” jelasnya.




Gerson mengaku dirinya pernah merantau ke Provinsi Bali untuk mengais rejeki disana dan bekerja serabutan, sehingga dirinya memiliki sedikit pengalaman di bilang las. Karenanya Gerson tertarik untuk menjadi peserta pelatihan bidang las yang disediakan TKM Malumbi.

“Semoga saya bisa segera menguasai keterampilan las ini, sehingga saya bisa bekerja dan menghasilkan uang bagi keluarga,” harapnya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena sebelumnya kepada wartawan di Waingapu menjelaskan, ada sejumlah program kemitraan antara Kemnaker dan Komisi IX DPR RI, termasuk diantaranya yakni TKM, Balai Latihan Kerja (BLK) dan juga padat karya, sehingga ketiga program ini ditangkapnya dan dibawa ke masyarakat NTT yang mempercayakannya sebagai wakil rakyat di Senayan saat ini.



“Program kemitraan ini juga untuk menggerakkan aktivitas ekonomi di masyarakat. Jadi baik TKM maupun BLK, nantinya harus bisa bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya orang. Tidak boleh dijadikan sebagai milik kelompok tertentu saja,” tegasnya.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons