Scroll to Top
Sumba Timur Miliki 33 FKTP
Posted by maxfm on 23rd November 2020
| 636 views
Suasa Diskusi Media – BPJS Kesehatan Waingapu (18/11/2020) [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Kabupaten Sumba Timur memiliki 33 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang melayani masyarakat Sumba Timur yang menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

33 FKTP ini tersebar di Kota Waingapu, Ibukota Kabupaten Sumba Timur dan 22 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumba Timur.

Data ini sebagaimana disampaikan Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik, BPJS Kesehatan Cabang Waingapu, Diana Mahartini, dalam diskusi bersama awak media yang dilaksanakan di Aula Casa Candara, Rabu (18/11/2020). Dijelaskannya 33 FKTP ini merupakan fasilitas kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan non emergency.

Diuraikannya, masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan akan mendapatkan layanan sesuai dengan standar pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Dimana jika dalam pemeriksaan dokter di FKTP peserta BPJS Kesehatan terdekat dan pasien membutuhkan pemeriksaan dan perawatan lanjutan, pasien akan dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut (FKTL), sesuai diagnosis dokter di FKTP.




“Kalau butuh perawatan lebih, berarti dirujuk ke FKTL. Namun untuk pasien emergency, langsung dibawa ke FKTL, dan tidak perlu ke FKTP,” ungkapnya.

Ditambahkannya, BPJS Kesehatan Cabang Waingapu pelayanannya mencakup empat kabupaten di Pulau Sumba. Karena itu, untuk wilayah Kabupaten Sumba Tengah terdapat sembilan FKTP, Sumba Barat sebanyak 17 FKTP, dan Sumba Barat Daya adalah kabupaten dengan jumlah FKTP terbanyak di Pulau Sumba yakni 81 FKTP.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons