Scroll to Top
Lagi, Sumba Timur Dapat Kiriman Kasus Positif Covid-19
Posted by maxfm on 26th Oktober 2020
| 518 views

MaxFM, Waingapu – Setelah 21 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur dinyatakan sembuh, 16 Oktober 2020 lalu, Kabupaten Sumba Timur Kembali mendapatkan kiriman enam kasus positif Covid-19. Empat dari enam kasus ini adalah kiriman dari Papua dan Surabaya, sedangkan dua kasus lainnya adalah kontak erat dengan pelaku perjalanan dari Surabaya.

Penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur ini terbaca dari laporan harian Posko Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, Senin (26/10/2020) petang. Dimana yang sebelumnya jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur sebanyak 21 kasus bertambah enam kasus menjadi 27 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Jonker Telnoni, S.KM yang dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (26/10/2020) membenarkan adanya tambahan enam kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur.



Dijelaskannya tiga kasus positif merupakan pelaku perjalanan dari Jaya Pura, Provinsi Papua yang datang mengikuti acara keluarga di Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur beberapa waktu lalu. Kemudian saat hendak kembali ke Papua, ketiganya melakukan tes RDT sebagai syarat untuk bisa bepergian, dan ternyata hasil ketiganya reaktif, sehingga direkomendasikan untuk melakukan karantina mandiri dan dilakukan pengambilan swab untuk dilakukan pemeriksaan.

“Ternyata hasil swab nya yang kita terima hari ini (Senin, 26/10/2020) ketiganya positif,” jelasnya.



Sementara itu tiga kasus positif lainnya, menurut Jonker beralamat di Desa Wanga, Kecamatan Umalulu. Dimana satu orang merupakan pelaku perjalanan dari Surabaya, sedangkan dua lainnya adalah kontak erat.

“Dua orang mau melakukan perjalanan keluar daerah sehingga dilakukan tes RDT, dan ternyata reaktif. Jadi semua rekan kerja mereka juga di rapid dan hasilnya lima orang reaktif termasuk pelaku perjalanan yang baru pulang dari Surabaya,” urainya.




Karena mendapati ada lima orang yang reaktif hasil tes RDT, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan swab dan hasil swab yang diterima dari Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, yang diterima bersamaan dengan tiga sampel swab dari Kambaniru, tiga diantaranya positif sedangkan dua orang negatif.

“Semuanya sudah kita jemput dan kini sudah berada di ruang isolasi RSUD URM Waingapu,” jelasnya.




Mengenai kondisi kesehatan enam pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur ini, pria asal Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) ini mengaku semuanya dalam kondisi sehat tanpa gejala. Namun hasil laboratorium menunjukkan mereka positif, sehingga tetap harus menjalani masa isolasi sebagaimana diatur undang-undang.

“Dua pasien yang di Umalulu memang sempat mengeluhkan gejala ringan. Namun karena dikira karena kecapaian, sehingga tidak terlalu diperhatikan,” urainya.



Jonker menambahkan, pihaknya dari Posko Covid-19 sudah melakukan tracing dan tracking kontak erat dari enam kasus baru ini untuk nantinya dilakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel swab lagi.

“Sudah kita lakukan dan akan segera kita swab untuk diperiksa,” tandasnya.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons