Scroll to Top
Petani Watumbaka Senang Bisa Panen Banyak dan Air Tersedia Melimpah di Kebun
Posted by maxfm on 17th Agustus 2020
| 1375 views

Apliana Uru Emu pada kesempatan tersebut mengaku bangga melihat semangat para orang tua yang tergabung dalam KTO Marangga Luri. Karena walau sudah berusia tua, para anggota KTO Marangga Luri memiliki semangat yang tinggi untuk mengolah lahan pertanian mereka, memanfaatkan adanya mesin pompa Barsha milik YKRMW yang dipercayakan pengoperasiannya kepada KTO Marangga Luri.

“Orang-orang tua disini (Watumbaka) sungguh luar biasa semangatnya. Jadi kami anak muda harus bisa melakukan lebih dari bapak-mama disini,” akunya.

Anggota KTO Watumbaka Panen Sayur [Foto: Heinrich Dengi]

Ketua YKRMW, Heinrich Dominggus Dengi secara terpisah mengaku yayasannya memiliki sejumlah mesin pompa Barsha yang dipercayakan kepada sejumlah KTO. Namun mesin pompa Barsha ini tetap menjadi milik YKRMW, sehingga perawatan dan kontrol penggunaan mesin pompa Barsha tetap dilakukan tim teknis dari YKRMW.



“Kita gunakan sistem sewa, sehingga kalau petani ada kegiatan lain dan tidak gunakan mesin, kita ambil dan cari kelompok tani lain yang mau kerja. Karena tujuan kita dengan adanya mesin ini, adalah biar petani kita punya aktifitas di kebun saat musim kemarau,” urainya.

Mengenai sistem sewanya, pria yang akrab disapa Heni ini mengaku selalu disesuaikan dengan hasil yang bisa dijual petani usai musim kemarau. Karena kesepakatannya 80 persen untuk petani dan jasa pompa untuk yayasan sebesar 20 persen.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons