Scroll to Top
Sembuh, Pasien Positif Covid-19 02 di Sumba Timur Dipulangkan
Posted by maxfm on 7th Juni 2020
| 1064 views
Kadis Kesehatan Sumba Timur dr. Chrisnawan Tri Haryantana didampingi Sekretaris Dinkes Tinus Njurumbaha, SKM dalam jumpa pers yang dilaksanakan di Aula kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (06/06/2020) [Foto: Heinrich Dengi]

MaxFM, Waingapu – Pasien Positif Covid-19 02 Sumba Timur dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan ke keluarganya, Sabtu (6/6/2020), karena sudah dua kali berturut-turut hasil swab nya negatif. Walau dipulangkan keluarganya, warga Kelurahan Wangga, Kecamatan Kambera ini masih akan tetap dipantau kondisi kesehatannya hingga 14 hari ke depan.




Demikian disampaikan juru bicara Gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Tri Haryantana dalam jumpa pers yang dilaksanakan di Aula kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (6/6). Dijelaskannya hasil pemeriksaan swab untuk pasien dengan inisial SYI ini diperoleh tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, Jumat (5/6/2020) petang.

Dijelaskannya hasil negatif sampel kedua dari pasien 02 ini diperoleh dari tim gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi NTT Jumat (5/6/2020), dan merupakan hasil swab kedua dengan hasil negatif untuk pasien 02, setelah dalam pemeriksaab swab yang dikirim sebelumnya juga dengan hasil negatif.




Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur ini menguraikan saat ini pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan untuk 43 sampel lainnya yang belum keluar hasilnya dari laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. W. Z. Johannes Kupang, dari total 80 sampel yang dikirim Jumat (30/5/2020) lalu.

“Kita terima hasil dari tujuh sampel tanggal 3 Juni dan semuanya negatif. Kemudian tanggal 4 Juni kita terima lagi 20 sampel dan semuanya juga negatif, lalu tanggal 5 Juni kita terima lagi hasil dari 10 sampel dan semuanya negatif dan salah satunya adalah sampel pasien 02 sehingga dua kali negatif dan dinyatakan sembuh,” urainya.



Pada kesempatan tersebut, dr. Chrisnawan kembali menguraikan jumlah data yang dihimpun Posko Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur hingga Jumat (5/6/2020). Dimana data pelaku perjalanan totalnya sebanyak 4384 orang dan tersisa 97 orang yang masih dalam pemantauan untuk tertib melakukan self monitoring.

Selanjutnya Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 179 orang dan tersisa tujuh orang yang masih dalam pemantauan. Pasien Dengan Pengawasan (PDP) sebanyak empat orang dan tiga orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan, sedangkan satu orang masih menjalani perawatan di RSUD URM Waingapu.



“OTG dari 73 orang tersisa 36, karena 37 orang sudah keluar hasilnya dan semuanya negatif,” urainya.

Dr. Chrisnawan juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Sumba Timur untuk ikut patuh dalam melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka menyambut pembukaan kembali aktivitas masyarakat Senin (15/6/2020) mendatang sesuai keputusan bersama Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Forkopimda NTT, Bupati/Wali Kota se-NTT dan Forkopimda kabupaten/kota se-NTT beberapa waktu lalu.




“Penegasan bapak gubernur saat rapat virtual yang kemudian menyepakati pembukaan kembali aktivitas 15 Juni mendatang adalah tertib melaksanakan protokol kesehatan, mulai dari PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), menggunakan masker saat keluar rumah, hingga menjaga jarak dan tidak menciptakan kerumunan,” tandasnya.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons