Scroll to Top
Sumba Timur Catat PDP Pertama Di Hari Raya Paskah
Posted by maxfm on 13th April 2020
| 1009 views
Foto: Medsos Posko Covid Sumba Timur

MaxFM, Waingapu – Kabupaten Sumba Timur telah mencatat Pasien Dengan Pengawasan (PDP) Pertama di Hari Raya Paskah, Minggu (12/4/2020). PDP yang tercatat dari wilayah Kelurahan Kawangu, Kecamatan Pandawai ini kini sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rara Meha (RSUD URM) Waingapu.

Hal ini terbaca dari laporan perkembangan data Posko Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Kabupaten Sumba Timur yang diperoleh MaxFm dari grup WhatsApp Forum Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Timur, Minggu (12/4/2020) petang. Dimana untuk pertama kalinya kolom-kolom PDP terisi angka satu pada kolom jumlah dan kolom dirawat.



Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana yang dikonfirmasi wartawan melalui nomor WhatsApp posko Covid-19 Kabupaten Sumba Timur terkait data ini menjelaskan, angka ini benar adalah warga Kabupaten Sumba Timur, dan bukan PDP rujukan dari Sumba Tengah beberapa waktu lalu. “Bisa dilihat di peta sebarannya, ada di Kawangu,” jawabnya.

Sementara itu untuk jumlah pelaku perjalanan yang masuk ke Kabupaten Sumba Timur, berdasarkan data tersebut tercatat makin meningkat yakni hingga Minggu (12/4/2020) sudah terdapat 2.136 orang tau naik 206 orang dari hari sebelumnya, Sabtu (11/4/2020) yang tercatat sebanyak 1.930 pelaku perjalanan.




Para pelaku perjalanan ini semuanya melakukan karantina mandiri, dengan rincian 391 pelaku perjalanan sudah dinyatakan selesai masa karantina mandiri atau naik 37 orang dari haris sebelumnya yang tercatat sebanyak 254 pelaku perjalanan yang selesai masa karantina mandiri, sedangkan 1.745 pelaku perjalanan lainnya masih menjalankan masa karantina mandiri, atau naik 69 orang dari haris sebelumnya.

Selanjutnya untuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP), data Posko Covid-19 Kabupaten Sumba Timur menunjukkan adanya peningkatan pada jumlah total ODP dan jumlah ODP yang dinyatakan selesai masa pemantauan yakni totalnya sebanyak 91 dan yang selesai pemantauan sebanyak 48 orang. Sedangkan jumlah ODP yang masih dalam pemantauan masih bertahan di posisi angka 43 di tiga hari terakhir.



Mengenai adanya pasien rujukan dari RS Imanuel Sumba dengan status PDP yang diterima RSUD URM Waingapu, Sabtu (11/4/2020) malam, Direktris RSUD URM Waingapu, dr. Lely Harakay membenarkannya saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (12/4/2020) usai adanya rilis data dari Posko Covid-19 Kabupaten Sumba Timur. “Ya” jawab dr. Lely singkat.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons