Scroll to Top
Pemprov NTT: Semua Rumah Sakit Harus Bersama Hadapi Covid-19
Posted by maxfm on 7th April 2020
| 1430 views

“Kita juga memiliki sejumlah rumah sakit second line yakni RSU S. K. Lerik Kupang, RSUD SoE, RSUD Kefamenanu, RSUD Betun, RSUD Larantuka, RSUD Bajawa, RSUD Ruteng, RSB Titus Uly Kupang, RST Wira Sakti Kupang, RS Siloam Kupang, dan RS Siloam Labuan Bajo. Jadi semua rumah sakit kita libatkan untuk bersama kita melawan virus Covid-19 ini,” tegasnya.

Untuk memastikan kesiapan rumah-rumah sakit ini, mantan Penjabat Bupati Manggarai ini menegaskan, Pemprov NTT sudah melakukan distribusi Alat Pelindung Diri (APD), cover all, masker, dan rapid test, ke rumah-rumah sakit rujukan maupun rumah sakit second line agar menjadi persiapan menghadapi adanya ODP yang butuh perawatan, PDP, maupun pasien positif Covid-19 nantinya.




“Untuk APD kita terima dari pemerintah pusat kita sudah distribusikan, cover all kita terima 3650 kita Distribusikan 1770, masker 11.500 yang kita terima dan sudah kita distribusikan, dan rapid rest sebanyak 2.400 yang kita terima, sudah kita distribusikan 2.060. Sedangkan Swab kit kita terima 600 dan belum kita distribusikan,” jelasnya.

Walaupun hasilnya tidak bisa diyakini dalam satu kali tes, diharapkannya pemerintah kabupaten/kota di seluruh NTT diminta agar segera menggunakan rapid tes yang sudah diterima kepada pelaku perjalanan yang berdasarkan hasil pemeriksaan termoscan di pintu-pintu masuk dan memenuhi kriteria sebagai ODP berdasarkan ketentuan WHO agar bisa dilakukan pemeriksaan darah dengan rapid tes yang ada pada pemerintah kabupaten/kota saat ini.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons