Scroll to Top
Menkominfo Janji Ikut Dorong Pembangunan di NTT
Posted by maxfm on 24th Desember 2019
| 487 views
Bupati Sumba Timur, Menkominfo RI, Gubernur NTT, dan Wagub NTT tampak ceria menyaksikan konser Slank-NTT 361 di Padang Savana Puru Kambera [Foto: ONI]

MaxFM, Waingapu – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Jhoni Gerald Plate berjanji akan ikut mendorong percepatan pembangunan yang sedang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) oleh Gubernur dan Wakil Gubernur NTT saat ini, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josep Adrianus Nae Soi. Dukungannya terhadap pembangunan di NTT akan dilakukan dari kewenangannya yakni membangun ribuan titik wi-fi dan pembangunan BTS di NTT, agar NTT menjadi setara dengan provinsi lain di Indonesia.

Jhoni Plate mengungkapkan hal ini dalam sambutannya saat konser Hari Ulang Tahun (HUT) Slank-NTT 361 di padang savana Puru Kambera, Desa Hamba Praing, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (21/12/2019). Ditegaskannya, sebagai salah satu putra terbaik NTT yang dipilih Presiden RI, Joko Widodo untuk menjadi pembantu presiden di bidang Kominfo, dirinya siap membawa Indonesia menjadi negara digital, termasuk di dalamnya adalah membangun kekuatan komunikasi digital di NTT menjadi setara dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia.




Ditegaskannya, saat ini pemerintah Indonesia sudah, sedang, dan akan terus membangun infrastruktur teresterial, dan infrastruktur kabel-kabel optik di seluruh wilayah Indonesia yang terbagi menjadi tiga wilayah, yakni ring barat, ring tengah dan ring timur. “Untuk ring timur ini ada NTT, yang di dalamnya termasuk dua Kabupaten yaitu Kabupaten Sabu Raijua dan Rote Ndao serta interkoneksinya yang ada di Kabupaten Sumba Timur, Alor dan Kabupaten Kupang untuk dihubungkan dengan Indonesia dan dunia,” jelas politisi Partai NasDem ini.

Selanjutnya untuk wilayah Flores, juga terus dibangun jaringan pita lebar melalui satelit untuk menghadirkan telekomunikasi yang bagus bagi masyarakat NTT. “Saya informasikan saat ini telah dibangun 115 BTS di NTT dan tahun 2020 akan dibangun 213 BTS. Tahun ini sendiri telah dibangun 667 titik lokasi wi-fi serta tahun 2020 akan dibangun lebih dari 1000 titik jaringan wifi, dan saya bebas menentukannya dimana saja,” urainya.

Karena itu, untuk mendukung program pembangunan yang sedang dilakukan di NTT oleh Gubernur dan Wakil Gubernur NTT saat ini, politisi Partai NasDem ini menegaskan, pembangunan di NTT hanya akan berhasil jika dilakukan oleh semua pihak, termasuk masyarakat NTT sendiri. Karena itu, semua masyarakat NTT dimintanya untuk ikut bekerja bersama gubernur dan wakil gubernur guna mewujudkan NTT Bangkit Menuju Sejahtera.




“Saya mengetahui pak gubernur dan pak wakil gubernur mempunyai gagasan dan cita-cita yang besar untuk membawa NTT setara dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia. Kedua pemimpin ini tidak sekedar mengandalkan otot-otot yang kuat untuk menjelajahi seluruh wilayah NTT yang masih sulit. Tetapi juga dengan hati mereka, sehingga kita semua harus mendukung beliau berdua untuk mewujudkan NTT Bangkit Menuju Sejahtera,” ungkap pria berdarah campuran Sikka-Manggarai ini.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTT, Josef Adrianus Nae Soi dalam sambutannya pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Slank yang telah bersedia datang ke NTT untuk melakukan konser 361 di padang savana Puru Kambera, sebagai bagian dari perayaan HUT Provinsi NTT ke-61 dan juga HUT Slank ke-36.

Menurutnya, Pemprov dan masyarakat NTT saat ini memperingati hari kelahiran NTT ke-61. Dimana untuk tahun 2019 ini, Pemprov NTT memilih Sumba dan khususnya Sumba Timur untuk perayaan HUT NTT di luar Kota Kupang karena Gubernur dan Wakil Gubernur NTT tidak hanya ingin merasakan kebahagiaan dalam perayaan HUT NTT ke-61 ini. Namun juga ingin ikut merasakan pergumulan dan harapan masyarakat NTT saat ini, khususnya di Pulau Sumba.



“Saat ini kita sedang berbahagia karena merayakan HUT NTT ke-61, tetapi saya dengan bapak gubernur kita yang terkasih, tidak hanya ingin ikut berbahagia dengan masyarakat NTT, tetapi juga siap untuk ikut menangis dengan masyarakat NTT saat masyarakat susah. Itulah alasan kami memilih melakukan perayaan HUT NTT ke-61 di Sumba Timur tahun ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, selain disaksikan langsung Menkominfo, Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Forkopimda Provinsi NTT, sejumlah bupati/wakil bupati se-NTT, Forkopimda kabupaten se-daratan Sumba, konser Slank-NTT 361 ini juga disaksikan oleh masyarakat NTT yang diperkirakan mencapai lebih dari 20 ribu orang.(ONI)

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons