Scroll to Top
78 Ekor Kuda Berpacu Menuju Partai Final
Posted by maxfm on 22nd November 2019
| 661 views
Kuda Kelas Pemula Super Berpacu [Foto:Heinrich Dengi]

MaxFm, Waingapu – Sebanyak 78 Ekor Kuda dari 12 kelas tersisa akan kembali berpacu untuk memperebutkan 48 tempat tersisa di babak final yang akan berlangsung Sabtu (23/11/2019). Perebutan empat tempat di masing-masing kelas akan kembali berlangsung di arena pacu, lapangan Rihi Eti Prailiu hari ini, Jumat (22/11/2019).

Data ini terbaca dari hasil undian babak semifinal yang dipimpin Komisi Ren Open Turnamen Victory Cup II 2019, Kabupaten Sumba Timur, Piala Gubernur Nusa Tenggara Timur, Yasir Husen di lapangan Rihi Eti Prailiu, Kamis (21/11/2019). Dijelaskannya perebutan empat tempat di 12 kelas tersisa akan berlangsung Jumat (22/11/2019) pagi hingga selesai.

“Akan ada 78 ekor kuda yang berpacu untuk memperebutkan empat tempat di partai final untuk 12 kelas tersisa Jumat (22/11/2019). Sedangkan tiga kelas lainnya sudah menyelesaikan babak semi final, dan tinggal babak final yang akan berlangsung Sabtu (23/11/2019),” jelasnya.




Yasir menjelaskan, 12 kelas yang akan berpacu adalah kelas A, E, EE dan kelas B dengan masing-masing kelas menyisakan delapan ekor kuda yang akan bertarung di babak semi final hari ini, selanjutnya kelas P2, DM, D, P3, C, A Super, dan E Super menyisakan enam ekor kuda di masing-masing kelasnya, dan paling sedikit ada lima ekor kuda di kelas AA.

Karena itu, empat kelas yang menyisakan delapan ekor kuda di setiap kelasnya akan dibagi dalam dua ren dengan masing-masing ren akan diikuti oleh empat ekor kuda. Demikian halnya dengan tujuh kelas yang menyisakan enam ekor kuda dibagi dalam dua ren dengan tiga ekor kuda akan berpacu di masing-masing ren. Sedangkan kelas AA yang menyisakan lima ekor kuda akan berpacu dalam satu ren.




Kuda Kelas B Saling Mengejar [Foto: Heinrich Dengi]

Yasir menjelaskan, “Akan ada delapan ren dengan empat kuda pacu setiap ren, 14 ren dengan tiga kuda pacu setiap ren dan satu ren dengan lima kuda pacu.”

Ketua panitia pelaksana, Djunaidi Bin Garib secara terpisah menjelaskan Open Turnamen Victory Cup II 2019, Kabupaten Sumba Timur, Piala Gubernur NTT ini menyediakan total hadiah uang tunai ratusan juta rupiah, yang terdiri dari kelas pemula mini, pemula 1, pemula 2, pemula 3, pemula super, kelas B, kelas C, Kelas D mini, kelas D, kelas E, kelas EE, kelas E super, kelas A, kelas AA, dan kelas Victory.

“Selain total hadiah uang tunai ratusan juta rupiah, kita juga menyediakan piala tetap dan piagam penghargaan untuk setiap juara. Kita juga menyediakan piala khusus untuk pemenang pertama kelas Victory selain piala tetapnya,” urainya.



Djunaidi menambahkan, tahun 2020 mendatang akan dilaksanakan Open Turnamen Victory Cup III yang rencananya akan diselenggarakan pada Mei 2020 mendatang. “Ini bukti kepedulian Pemerintah Provinsi NTT, melalui Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat terhadap olahraga pacuan kuda di Sumba, khususnya Sumba Timur,” tandasnya.

Ketua Pordasi Sumba Timur, Felix Wongkar menambahkan, total kuda yang berpacu dalam Open Turnamen Victory Cup II 2019, Sumba Timur ini sebanyak 532 ekor kuda dan sampai dengan saat ini masih didominasi oleh kuda-kuda juara pada Piala Bupati Sumba Timur Oktober 2019 lalu. “Jeda nya baru sekitar tiga minggu dengan pacuan kuda yang lalu, jadi tidak ada kejutan berarti di hampir semua kelas. Tetapi mungkin nanti di final kita lihat apakah akan ada perubahan juara atau tetap, karena kuda ini kadang bisa berubah juga di hari-hari terakhir,” urainya.(ONI).

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons