Scroll to Top
Kabubu Palandima Pelukis Aliran Natural Ekspresif Dari Sumba
Posted by Heinrich Dengi on 7th Desember 2018
| 3997 views
Potret Wajah DR. Oe. H. Kapita, Karya Kabubu Palandima [Foto: Heinrich Dengi]




Kesenangan melukis makin berkembang saat dirinya menjadi guru di Sekolah Pendidikan Guru SPG Laikaruda, Sumba Barat, saat ini masuk wilayah Kabupaten Sumba Tengah. Murid-muridnya mengetahui bahwa guru mereka bagus kalau melukis makanya banyak siswa yang membawa foto orang tua mereka untuk digambar dan bila selesai dibawa pulang ke rumah oleh murid-murinya.

Sambil saya mewawancarai dan menggambil foto, opa yang sudah memilik 10 orang cucu ini, mengeluarkan dari sekitar tempat kerjanya satu demi satu lukisan yang sebagian besar sudah jadi, tinggal beberapa lukisan yang dalam tahap akhir penyelesaian dan menunjukkan kepada saya serta mempersilahkan saya mendokumentasikan dengan kamera.

Masih kata Bapak Kabubu Palandima, selama ini tidak pernah belajar khusus, atau sekolah khusus tentang melukis, dia hanya belajar sendiri atau otodidak.

Lanjut Opa Kabubu Palandima, pertama kali menggunakan media kanvas sebagai media melukis sejak tahun 1972 saat mengajar di SPG Laikaruda, sekaligus menggunakan cat minyak. Sebelumnya untuk wadah melukis hanya menggunakan kertas dan cat air.

“Sedangkan sejak tahun 1972 saya mulai menggunakan kain kanvas yang dibikin sendiri, karena tidak sempat beli dan ini diperkenalkan oleh teman guru saya pak Ratu Riwu, dia itu tamatan dari Jogja, Saya tidak berpendidikan khusus, saya hanya belajar sendiri atau otodidak, dan kita bikin kanvas dari kain blacu, kanji dioles di kain blacu dibiarkan sampei kering baru labur dengan cat putih baru kit amelukis di situ,” kata pelukis senior di Sumba Kabubu Palandima mengenang masa-masa awal melukis di kanvas buatan sendiri.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons