Scroll to Top
Kalihi, Kampung Listrik Bertenaga Angin
Posted by maxfm on 26th Oktober 2017
| 5633 views



Berada di daerah terpencil tak membuat warga kampung Kalihi, kekurangan pasokan listrik. Topografi kampung yang berada di tengah padang savana dengan bukit dan lembah mengitari kampung tersebut serta berada pada dataran tinggi membuat kampung ini mempunyai energi angin yang besar sehingga mampu dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik hingga wargapun bisa menikmati listrik sepuasnya tanpa harus menunggu bantuan pemerintah setempat.

Kincir Angin di Kalihi, Kamanggi, Kahunga Eti, Sumba Timur [Foto: Ignas L. Kunda]

Petrus menuturkan ada 20 kincir angin yang berputar dengan satu kincir angin menghasilkan daya 0,5 kilo watt sehingga total dapat menghasilkan daya 10 kilo watt, serta ada panel solar sel yang menghasilkan daya sebesar 1 kilo watt sehingga daya keseluruhan dari sistem yang ada di sini dapat menghasilkan daya 11 kilo watt.

“Sampai dengan hari ini ada 24 rumah termasuk power house yang sudah terlaliri arus listrik dengan 110 watt per rumah, dengan kondisi sekarang dimana masyrakat hanya memakai 30 – 40 watt setiap rumah, maka secara hitung-hitung kapasitas ineverternya maka masih bisa dipasang penambahan rumah 20 -30 unit”. Kata Lambu Awang.

Petrus menambahkan bila selama tiga hari berturut – turut tak ada angin maka listrik tetap dapat menerangi rumah warga . Namun selama ini belum pernah terjadi karena di back up dengan solar sel. Listrik akan dihidupkan oleh petugas mulai pukul 18.00 sore hingga esok pagi pukul 06.00.
.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons