Scroll to Top
Beberapa Desa di Sumba Timur Terserang Belalang Kembara
Posted by Heinrich Dengi on 25th Juni 2016
| 1927 views
petugas Penyemprotan Obat Hama Belalang di Translok Yubuwai
Petugas Penyemprotan Obat Hama Belalang di Translok Yubuwai

MaxFM, Waingapu – Belalang Kembara menyerang beberapa desa di Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT, saat ini belalang sudah sampai di wilayah tengah Sumba Timur, sebelumnya masih di wilayah Timur.

Kepala Dinas Kadis Pertanian Sumba Timur Ida Bagus Putu Punia mengatakan desa yang terserang belalang Kembara antara lain Desa Rindi, Desa Haikatapu, Desa Kaliuda, Desa Yubuwai dan Matawai Maringu.

Yang di Rindi awalnya belalang hijau, tapi beberapa hari kemudian yang muncul yang hitam yang kembara,  kalau tidak tangangani saya kuatir sama dengan serangan belalang beberapa tahun lalu, sebaiknya kita tangani dini, sebelum berkembang, kita masih tangangi dengan penyemprotan “ kata Kadis Pertanian Sumba Timur Putu Punia, Sabtu (25/06/2016)

Masih kata Kadis Petanian Sumba Timur Putu Punia, saat ini petugasnya di lapangan dan masyarkat saling bantu untuk melakukan penyemprotan hama belalang Kembara di sekitar desa Yubuwai bahkan lanjut Putu Punia beberapa hari terakhir penyemprotan hama belalang ini dilakuan pada malam hari.

Belalang Kembara di Jalan Menuju Desa Yubuwai
Belalang Kembara di Jalan Menuju Desa Yubuwai

Tentang persediaan obat hama tambah Putu Punia masih ada Confidor dari birgade propinsi, kalau obat hama ini habis untuk pengadaan obat hama belalang akan disiapkan dananya dari APBD2.

Kepala Dinas Pertanian setempat Putu Punia menghimbau masyarakat bila di wilayahnya sudah muncul belalang kembara segera menginformasikan ke pihaknya sehingga bisa tertangani lebih awal agar serangan hama belalang tidak meluas.

Sementara itu ketua kelompok tani Matawai Amahu Desa Yubuwai Paulus Warandoi mengatakan, kemarin  dirinya dan anggota kelompok tani membantu melakukan penyemprotan untuk membunuh hama belalang di lokasi transmigrasi lokal Yubuwai, dengan total luas lokasi penyemprotan sekitar 10 hektare, sedangkan hari ini akan lanjut melakukan penyemprotan untuk membunuh belalang kembara di desa Yubuwai yang jaraknya sekitar 2 Km dari translok Yubuwai.

 

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons