Scroll to Top
“Kami Terbantu Dengan Dana Anggur Merah”
Posted by Heinrich Dengi on 1st November 2014
| 3041 views

Salah Satu Sudut Desa Luku Kamaru [foto : Heinrich Dengi ]
Salah Satu Sudut Desa Luku Kamaru [foto : Heinrich Dengi ]
MaxFM, Waingapu – Desa Luku Kamaru masuk wilayah Kecamatan Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur, sekira 700an warga tinggal di desa ini, letak desa tidak teralu jauh dari Ibu Kota kabupaten Sumba Timur Waingapu,  tetapi untuk mencapai daerah ini  perlu perjuangan ekstra, melewati jalan berbatu lepas kadang tajam dan tidak beraturan menyebabkan perjalan dengan motor makan waktu sekitar 2 jam yang seharusnya bisa ditempuh 45 menit kalau  jalannya baik.

Program Desa Mandiri Anggur Merah atau Anggaran Untuk Rakyat Menuju Sejahtera   dimulai sejak tahun anggran 2011 masa kepemimpinan Gubernur NTT Frans Lebu Raya, lewat program ini desa yang dikategorikan desa miskin di NTT mendapat dana hibah 250 juta rupiah untuk mengatasi  kemiskian dan pengangguran.

“ Maka kita kumpul semua kelompok ini yang 9 kelompok untuk  1 desa,  kita musyawarahkan dana yang 250 juta dari kelompok yang semilan ini mengusulkan ada usul kambing, ada yang babi,  ada yang kuda, ada yang kerbau ada yang sapi  bukan satu jenis saja yang dorang usul sesuai kesepakan anggota”kata Kepala Dea Luku Kamaru Kecamatan Kota Waingapu Sumba Timur Nusa Teenggara Timur NTT, Retang Njurumai.

Kepalada Desa Luku Kamaru Retang Njurumai mengatakan pemanfaatan dana Anggur merah di desanya dimulai dengan kesepakatan pemanfaatan dana oleh kelompok yang ada di Desa. Dari kesepakatan yang dibangun kelompok, Kepala Desa dan pendamping Anggur Merah  maka ditentukan prioritas.

Print Friendly, PDF & Email
Show Buttons
Hide Buttons