Scroll to Top
Ulah Manusia Penyebab Terbakarnya Hutan di Sumba
Posted by maxfm on 14th Oktober 2014
| 494 views
Bagian TN Laiwanggi Wanggameti Yang Terbakar
Bagian TN Laiwanggi Wanggameti Yang Terbakar

MaxFM, Waingapu – Terbakarnya hutan dan padang di Sumba Nusa Tenggara Timur NTT umumnya karena dibakar bukan terbakar dengan sendirinya.

Kepala Seksi Pengelola Taman Nasional wilayah II  Matawai Lapau Taman Nasional Laiwanggi Wanggameti TNLW  Yosef Nong Senin ( 13/10 ) di Kantor Taman Nasional di KM5 Waingapu mengatakan dari temuan di lapangan selalu saja asal api dari pingggir jalan.

“Yang bikin tingginya kebakaran disini selain karena api muncul dari pinggir jalan juga karena sering masyarakat sekitar Taman Nasional melakukan tebas bakar tetapi tidak menjaga agar tidak terjadi loncatan api ke kawasan Taman Nasional,itu sama dengan di Manupeu Tandaro Sumba Tengah bahkan disana jauh lebih hancur,” kata Yosef Nong.

Lanjut Yosep Nong pihak TNLW sudah berusah untuk memadamkan api yang membakar TN tetapi kewalahan       untuk pemadaman di siang hari karena angi kencang kalau salah kerja anggota bisa terjebak jadi untuk pemadaman dilakukan pada sore hari.

Tambah Tosef Nong untuk peralatan pemadam kebakaran di kantornya lebih dari cukup cuma pihaknya kewalahan dengan sumber air yang ada jauh di dasar bukit dan ada di sebelah bukit sehingga air sulit di jangkau.

Dari Pantauan maxfmwaingapu.com saat tengah malam akan ke Desa Mahaniwa di perjalan terlihat ada kumpulan kayu besar yang dibakar,  tidak dimatikan dan dibiarkan begitu saja.

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email