Scroll to Top
PLTMH Mbakuhau Pasok Listrik 24 Jam
Ditulis oleh maxfm on 4th Februari 2014
| Dilihat 1219 kali
Anak dan orang tua di salah satu rumah di Desa Kamanggih menonton tv di siang hari
Anak dan orang tua di salah satu rumah di Desa Kamanggih menonton tv di siang hari

MaxFM, Waingapu – Ratusan keluarga di Desa Kamanggih dan sekitarnya di Kecamatan Kahunga Eti Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT sudah bisa nikmati listrik sepanjang hari sejak sebulan lalu.

Ketua Koperasi Serba Usaha Kamanggih, Hinggu Panjanji mengatakan, sudah lebih sebulan ini PLN memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro PLTMH Mbakuhau.

“Interkoneksi sudah berjalan dan sudah 24 jam sampai dengan sekarang tidak ada masalah, mesinnya PLN sudah mati total, hari ini saya melakukan penagihan di PLN, kurang lebih karena kemarin masih dalam tahap uji coba meter produksi hanya 9 ribu kwh, kali dengan 475 rupiah sekitar 6 jutaan,” kata Hinggu Panjanji.

Lanjut Hinggu Panjanji uang yang diperoleh ini akan digunakan untuk mengembangkan koperasi di sana.

Masih kata Hinggu Panjanji karena PLTMH ada hubungannya dengan ketersediaan air di sungai, maka untuk memastikan air selalu ada dan mengalir ke pembangkit listrik, warga setempat melakukan penanaman berbagai anakan pohon di sekitar hutan dekat PLTMH selama musim penghujan ini.

Diberitakan sebelumnya pada pertengahan tahun lalu PLN Sumba sudah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Koperasi untuk membeli energi listrik yang di hasilkan PLTMH Mbakuhau.

PLTMH ini dibangun atas dukungan HIVOS, LSM dari Belanda dan secara teknis dikerjakan tim IBEKA untuk mendukung program Sumba Pulau Ikon Energi Terbarukan.

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someone
Berita lainnya:close