Scroll to Top
Cornes Anak Sumba Yang Harumkan Nama Indonesia di Tinju Amatir
Ditulis oleh maxfm on 3rd Januari 2014
| Dilihat 1448 kali
Cornelis K.Wangu Langu (ki) Peraih medali Perak Kelas Layang Sea Games 2013 - Defry Palulu (ka) juara tinju Nasional kelas Bulu dari 3 badan tinju Indonesia
Cornelis K.Wangu Langu (ki) Peraih medali Perak Kelas Layang Sea Games 2013 – Defry Palulu (ka) juara tinju Nasional kelas Bulu dari 3 badan tinju Indonesia

MaxFM, Waingapu – “Kalau saya tidak bertinju saya pasti tidak akan kuliah, “ kata Cornelis Kabubu Wangu Langu atau yang sering dipanggil Cornes saat ditanya Ray dari Radio Max FM Senin 30/12/2013.

Kata Cornes, hanya dengan tinju dia punya kesempatan duduk di perguruan tinggi.

Jujur saja kata Cornes, kalau biaya dari orang tua jelas saya tidak punya, karena keterbatasan ekonomi keluarga, jadi untuk bisa saya kejar ke bangku kuliah, tinju menjadi pembuka jalan. Saat ini Cornes duduk di bangku kuliah IKIP Bali.

Saat ngobrol santai di halaman Radio Max FM Waingapu baru-baru ini, Kornesa Petinju kelahiran Kawangu Sumba Timur Nusa tenggara Timur NTT 3 Agustus 1990 baru saja pulang pagelaran Seagames 2013 di Mnyanmar. Dia mencari waktu disela kepadatan latihan dan acara  untuk bertemu keluarganya di Kawangu Sumba Timur Nusa Tenggara Timur NTT yang sudah 3 tahun ini  dia tinggalkan karena tinju. Di Seagaames Mnyanmar, Cornes pulang dengan kepala tegak karena dirinya salah satu petinju Indonesia yang bermain di Kelas Layang dan membawa pulang  medali Perak.

Cornes memulai perkenalan dengan dunia tinju di Waingapu Sumba Timur, berbekal alat seadanya dirinya belatih keras dibawah bimbingan Ardi Dao Riwu, pelatih tinju yang mengasah teknik bertinjunya serat mental bertandaning saat awal bertinju.

Sejak di Waingapu Cornelis K. Wangu Langu sudah sering mewakili Sumba Timur di berbagai kejuaraan tinju amatir.

Beberapa prestasi Kornelis K. Wangu Langu
•    3 kali  juara kelas Layang mewakili NTT
•     tahun 2010 1 kali juara kelas Layang mewakili Banten
•    2011 4 kali juara Nasional mewakil Bali,
•    2012 2 kali juara di Jakarta
•     2013 1 kali juara Asia di Jordania,
•    Agustus 2013 Juara Dunia di China Taipe
•     November 2013 Juara di Amerika Latin
•     Desember 2013 menangkan medali Perak Seagames Myanmar di kelas Layang.

Pengalaman yang berkesan kata Cornes, saat latihan di Kuba, disana saat akan sparing dengan petinju lain, petinju berbaris  berhadapan dan masing masing orang bisa memilih siapa lawannya, siapapun yang memilih kita untuk sparing tidak ada kata menolak.

Saat turun dari pesawat di Bandara Umbu Mehang Kunda, Kornes disambut oleh keluarga dan pecinta tinju Sumba Timur. Yang Cornes lakukan saat bertemu Ibunya di bandara UMK, dia berlutut didepan kaki Ibunya dan mencium kaki Ibunya. Kata Kornes, karena doa, semangat dari  Ibu dan banyak pencinta tinju lainnya di Indonesia dirinya bisa mencapai prestasi tinju seperti saat ini.

Selepas pulang dari Waingapu, Cornes segera masuk pelatnas tinju di Jakarta, untuk persiapan tinju Asian Games di Incheon Korea Selatan tahun ini.

Cornelis K. Wangu Langu adalah petinju Indonesia yang sudah memiliki tiket untuk bertanding di Asian Games 2014, petinju lain masih berjuang untuk lolos ke perhelatan Asian Games.

Saat berkunjung ke Radio Max FM Waingapu, Cornes sempat menunjukkan aksi bertinju kepada para pencinta tinju yang datang merapat, serta memberikan kesempatan untuk foto bersama.

Kita doakan bersama agar Cornelis K. Wangu Langu bisa sukses di Asian Games Incheon Korea Selatan dan menuju ke Olimpiade untuk mengharumkan nama Indonesia.

Print Friendly, PDF & Email
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someone
Berita lainnya:close